Powered By Blogger

Kamis, 28 Oktober 2010

mengenal lebih jauh microsoft word 2007

 
Menyisipkan Tabel Baru 
Microsoft Office Word 2007 juga dapat menyisipkan objek berbentuk tabel ke dalam dokumen dengan cara:    Klik tab insert lalu klik icon table pada grup tables. Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan. Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak, maka setelah menekan icon table dilanjutkan dengan menekan insert table yang akan menampilkan kotak dialog Insert Table . Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang akan disisipkan.   Pada number of rows, tentukan banyak baris yang akan disisipkan.
Menyisipkan Baris Atau Kolom Baru 
Apabila dalam tabel yang telah dibuat terdapat kekurangan baris atau kolom maka kita dapat menyisipkan kolom atau baris baru.    Sorot kolom/baris pada tabel yang akan disisipi dengan kolom atau baris baru. Pada  Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut:    Insert Above untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot. Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot.    Insert Left untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot.    Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot.
 Menghapus Sel, Baris, Kolom Atau Tabel
Apabila dalam tabel yang kita buat ada kelebihan sel, baris ataupun kolom, maka kita bisa menghapus sel, kolom atau baris itu, juga kita bisa langsung menghapus seluruh tabel yang ada dengan cara:    Sorot kolom atau baris yang akan dibuang.     Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns, klik perintah delete dan kita dapat memilih pilihan berikut (gambar 6.3):    Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point. Delete Columns untuk menghapus kolom yang tersorot. Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot. Delete Table untuk menghapus tabel yang ditempati insertion point.
Merubah Peraataan/Posisi Teks Pada Setiap Sel 
Teks yang kita masukkan ke dalam tabel  dapat diatur perataannya dengan menggunakan alligment pada tab Home di grup Paragraph, namun itu hanya untuk perataan horizontal saja. Kita juga dapat menggunakan perataan tersebut sekaligus memposisikan teks berada di bagian atas sel, bagian tengah sel ataupun bagian bawah sel. Langkah-langkahnya:    Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/posisinya.    Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Alligment, kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan/posisi sesuai dengan keinginan kita.
Mengabungkan sel
Untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu, langkah-langkahnya:    Sorot beberapa sel yang akan digabung. Klik perintah Merge Cells  pada Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Merge.
Menyisipkan Gambar Dari File Gambar 
File gambar yang kita simpan di hardisk, flash disk, disket, CD, dsb. dapat disisipkan ke dalam dokumen yang sedang kita kerjakan dengan cara:
Pada grup illustration Klik tab insert lalu klik icon picture Pada kotak dialog Insert picture, tentukan lokasi tempat gambar disimpan. Klik gambar yang diinginkan lalu klik Insert. Kita dapat melakukan pengaturan tampilan pada gambar menggunakan Picture Tools yaitu tab Format yang muncul ketika gambar yang disisipkan tersorot.
Menyisipkan Gambar dari Clipt Art 
Microsoft Office Word 2007 juga menyediakan file gambar yang disediakan bersama paket Microsoft Office dan kita dapat menyisipkannya kedalam dokumen dengan cara:    Klik tab insert lalu klik icon CliptArt  pada grup illustration. Pada jendela Clip Art (muncul sebelah kanan), di kotak Search for, ketik kata yang berkaitan dengan clipt art, atau langsung saja klik Go untuk  memunculkan gambar yang ada. Klik pada gambar yang tampil. Tutup dengan menekan tombol close pada task pane Clipt Art.
Menyisipkan Gambar Berbetuk Sederhana
Untuk menyisipkan gambar berbentuk sederhana (bangun datar) seperti segi empat, segitiga, segi lima, bintang, lingkaran, dsb. Langkah-langkahnya:
Pada grup illustration. Klik tab insert lalu klik icon Shapes Lalu pilih bentuk yang diinginkan.    Pointer mouse akan berbentuk palang (+). Klikkan mouse pointer di salah satu posisi dimana gambar disisipkan lalu tarik (masih tetap di klik) ke posisi lain sampai ukuran yang diinginkan.

Menyisipkan grafik
Cara untuk menyisipkan grafik dalam lembar kerja adalah sebagai berikut :
Klik smartArt, kemudian pilih grafik yang kita inginkan pada list smart art.
Menyisipkan diagram
Cara menyisipkan diagram pada lembar kerja adalah sebagi berikut :
Klik chat, kemudian pilih jenis diagram yang kita inginkan pada templates. Kemdian akan terhubung dengan data yang telah kita buat pada Microsoft exel. Blog table atau data, kemudian klik 2 kali. Contohnya adalah :
Header dan Footer 
Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu tampil pada setiap halaman. Sedangkan Footer (catatan kaki) kebalikan dari header. Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik.     Klik Tab insert. Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon.     Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita. 
Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu Ketikkan teks untuk footer.  Untuk pindah ke header (ketika membuat footer) klik perintah go to header . Lalu Ketikkan teks untuk header. Setelah selesai klik close header and footer atau klik ganda diluar kotak header dan footer untuk keluar dari format ini. Untuk mengedit header/footer tinggal klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik edit header/footer.    Dan untuk menghapusnya,  klik perintah kembali Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik Remove header/footer.
Membuat halaman sampul
Klik cover page, pilih jenis tampilan cover yang kita sukai, kemudian isi kotak teks sesuai dengan kebutuhan.
Memberi nomor halaman
Klik page number. Kemudian pilih posisi halaman yang kita inginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar